Jumat, 07 Maret 2014

Resep Mudah - Mie Wortel

Indonesia merupakan negara kedua terbesar dalam konsumsi mie di dunia sesudah Cina. Dinegeri ini makanan mie itu sangat populer. Berbagai jenis olahan makanan dari mie banyak diciptakan, seperti mie ayam, cwie mie, pangsit, campuran pada bakso, mie instant dll. Terlebih mie instant yang begitu populer dengan berbagai merk dan kemasan, serta didukung dengan iklan promosi yang masiv dimedia.

Meskipun banyak peringatan tentang bahaya apabila banyak mengkonsumsi mie instant, tapi peringatan jadi hanya sekedar peringatan. Kita masih suka menyimpan persediaan mie instant dirumah. Apabila malam-malam terasa lapar, dan makanan habis, maka mie instant yang tersedia menjadi pilihan untuk dimasak. Praktis dan cukup mengobati rasa lapar.

Pada mulanya mie terbuat dari bahan-bahan dasar seperti tepung gandum, tepung beras, atau juga sagu yang sebenarnya sehat-sehat saja bila dikonsumsi. Zat-zat tambahan pada mie instant yang menyebabkan mie instant menjadi tidak sehat, seperti zat pengawet, zat penguat rasa, zat pengemulsi, pengatur asam, dll dari bahan kimia. Jika dikonsumsi terlalu sering bisa memicu tumbuhnya penyakit dalam tubuh.

Sehingga sudah sebaiknya kita mengurangi konsumsi mie intant. Bahkan kita bisa membuat mie sendiri dirumah. Meskipun sedikit tidak praktis, tapi makanan sehat tetap kita dapatkan. Berikut kami berikan sebuah resep mie yang kami ambil dari Katalog Tupperware Promo Bulan Desember 2013. Karena terdapat banyak wortelnya sehingga dinamakan Mie Wortel. Silahkan dicoba.

Bahan-bahan:
75 gram : wortel, parut halus
75 ml : air
230 gram : tepung terigu
2 sedok makan : tepung tapioka
1 sendok teh : garam
2 butir telur, kocok lepas
3 sendok makan : minyak goreng
Tepung maizena untuk taburan

Cara membuat:

1. Masukkan wortel dan air kedalam Quick Chef lalu proses hingga halus
2. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan garam, dalam Mixing Bowl aduk hingga rata
3. Masukkan air wortel, telur dan minyak, adoni hingga kalis
4. Giling adonan dengan gilingan mie mulai dari ukuran 1 hingga 5 hingga tipis. Potong adonan memanjang lalu taburi dengan maizena
5. Rebus air hingga mendidih, masukkan adonan mie lalu masak hingga mengapung dan matang. angkat dan tiriskan
6. Perciki mie dengan minyak, aduk rata. Mie siap untuk disajikan

*Sumber Resep: Chef Yeni Ismayani, Katalog Tupperware Promo Bulan Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar